Selasa, 03 April 2012

PURANA DEWA TATWA


Kutipan
PURANA DEWA TATWA
Yang mendukung wahyu-wahyu Beliau tentang Pura Mojopahit/candi Jajawar Berdasarkan bukti yang ada yaitu dari Purana Dewa Tatwa, Bhatara Pasupati  (Pandita Sehsubakir) berasal dari Jambu Dwipa Gangga Sindu Saraswati Hindu di India, di utus oleh Bhatara Abra Sinuhun datang ke tanah Panjang Jawa sampai sekarang untuk beryoga di Gunung semeru  Jawa Timur. Begitu titah Bhatara Abra Sinuhun kepada Bhatara Pasupati. Yang mengajak pengikut 7 keti, beserta calon Raja. Ida Hyang  Pasupati Bhatara  dan pengikutnya mohon pamit dari India dan segera berjalan menuju tepi pantai, tidak di ceritakan dalam perjalanan sampailah Beliau di tepi pantai. Selama perjalanan menjumpai air yang sangat besar bernama kali dan bebatuannya bersinar bernama Intan, oleh Bhatara kali itu di berinama Kali Intan. Lama kelamaan  di hingga menjadi Kalimantan.
Ida Bhatara Hyang Aji Pasupati beryoga di sungai itu, ngastawa tirta suci yang bernama Tirta Amerta Sanjiwani,Pelukatan dan Prasista  untuk menyucikan sungai itu oleh Bhatara setempat tempat Beliau beryoga diberi nama Kutai.
Setelah melanjutkan perjalanan  lama-lama di Tanah Panjang Giri Semeru, disinilah beliau dan pengikutnya menetap terus membangun Meru Tumpang 11 (sebelas) dan Pelinggih Surya. Beliau Beryoga memuja Bhatara Surya, saat beryoga terjadilah hujan,angin,banjir,gelap dan petir berturut-turut serta pelangi. Turunlah Sang Hyang Bhaskara Dipati, lahirlah 7 (tujuh) Putra-Putri Beliau. Masing-masing bernama:
  1. Bhatara Hyang Agnijaya, yang kemudian berparhyangan di Gunung Lempuyang Luhur.
  2. Bhatara Hyang Putranjaya, yang kemudian berparhyangan di Gunung Agung
  3. Bhatara Dewi Danuh, yang kemudian berparhyangan di Ulun Danu Batur
  4. Bhatara Hyang Tugu, yang kemudian berparhyangan diGunung Andakasa
  5. Bhatara Hyang Manik Galang, yang kemudian berparhyangan di Pejeng
  6. Bhatara Hyang Manik Gumawang, yang kemudian berparhyangan di Gunung Beratan
  7. Bhatara Hyang Tumuwuh, yang kemudian berparhyangan di Gunung Batukaru
    Bhatara Hyang Agnijaya menurunkan Bhatara Empu Widtadharma, bergelar Sri Mahadewa
    Mpu Dwijendra menurunkan 3 (tiga) putra yaitu: Gagak Aking, Bubuksah, Brahmawisesa. Mpu, Brahmawisesa menurunkan Mpu Gandring dan Empu Saguna. Mpu Saguna menurunkan Kepandaean dan warga Pande.Mpu Bajrasatwa menurunkan Mpu Tunuhun (Mpu Lampita)Mpu Tunuhan menurunkan Panca Pandita yaitu: Mpu Gnijaya, Mpu Semeru, Mpu Gana,  Mpu Kuturunan (yang membawa lontar-lontar ke Bali) dan Mpu Baradah. Mpu Baradah menurunkan Mpu Siwagandu, Dyah Widawati dan Mpu Bahula. Mpu Gnijaya menurunkan Sapta Rsi...Dalam kesempatan ini kita sebagai Rakyat, warih atau keturunan Beliau yang berstana di Pasraman Candi Jajawar, Giri Semeru Selatan. Sangat wajib melanjutkan serta membenahi kembali yasa dan bakti kita, yang telah lama kita lupakan bersama kepada Beliau. Memang pada dasar atau sepatutnya kewajiban ini, di Emban/menjadi Tanggungjawab Bangsa Indonesia. Oleh karena dalam menjalankan  wahyu yang di terima oleh Ida Pandita Empu, Kita sebagai Umat Hindu/Rakyat Indonesia yang paling dekat tatacara menjalankan Agama kehadapan Beliau. Serta kita Hindu dari Bali dapat Anugrah dari Beliau sebagai mengawalinya. Kita merasakan bersyukur juga dengan wahyu-wahyu yang telah di terima oleh Ida Pandita Empu Nabe Dwi Prama Dharma. Sehingga keyakinan kita bersama untuk menjalankan Dharma Agama sudah bulat, wahyu yang diterima Ida Pandita ring Gria Manggis dengan lontar-lontar yang ada di Trowulan-Majapahit, Pura Besakih, Purana Dewa Tatwa serta dalam “Weda-weda” (dalam Mantra/ Maweda) yang sering  di uncarkan dalam pemujaan Upacara Oleh Ida Pandita,
    Pemangku di Bali selalu menyebutkan tentang Keberadaan Linggih Ida Hyang Aji Pasupati dan Benar adanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar